Pendidikan Network IndonesiaTeknologi & PendidikanTeknologi Pendidikan IndonesiaSains & TeknologiMajalah Teknologi IndonesiaBerita Pendidikan IndonesiaPenelitian Indonesia

Our Education Television Forum

Saran Kami - Saran Anda?
[ English Language ]

Sinetron Ajarkan Kekerasan
"Banyak Sinetron Ajarkan Kekerasan"

Di Indonesia kebanyakan jenis teknologi yang dibelikan untuk mengajar, dan disebut sebagi solusi pendidikan baru, biasannya bernasib sama seperti teknologi sebelumnya. Masing-masing di anggap sebagi "quick-fix" (solusi cepat) terhadap masalah-masalah pendidikan, dan akan membuat tugas guru dan lembaga pendidikan menjadi lebih ringan. Ini memang gambar yang diberikan oleh mereka yang akan mendapat untung besar dari teknologinya, yaitu perusahaan teknologi dan distributor barang dan jasa teknologi. Tetapi kenyataannya bagaimana? Biasanya guru-guru tidak punya cukup waktu atau cukup dukungan ataupun dana dari sekolah atau lembaga untuk memaksimalkan teknologinya. Misalnya papan tulis saja sering rusak dan tidak diganti, peraga dasar untuk mengajar masih kurang di kebanyakan sekolah, proyektor overhead kurang banyak dan sering rusak, cassette dan CD player biasanya kurang dan rusak, film dan video jarang digunakan (kalau ada), lab bahasa tidak dimanfaatkan dengan baik atau rusak, dll. Sering bahannya tidak ada.


Cerita Menenai Malaysia

The Evolution of the Technology-Based Learning Environment

Malaysian schools have at various points in time been introduced to various educational technology innovations. In the early days there was Radio Pendidikan (Educational Radio) and schools were provided with cassette recorders to record these programmes. Some schools were given a few units of overhead projectors. When TV began in Malaysia, TV Pendidikan (Educational TV) was introduced and schools also acquired the Video Cassette Recorder (VCR), to enable them to record TV Pendidikan programmes so they might be shown at a convenient time. What has happened to all these innovative hardware? Are teachers using them in the classroom? WHY NOT? Today we have computers, CD ROMS and the internet. Will they meet the same fate like earlier technological innovations in our schools?

Ref: Homestead.Com



Apakah Kita Perlu Teknologi Untuk Mengajar?

Apakah Mutu Pendidikan Naik Di Negara Yang Menggunakan Teknologi?

Sekarang akses ke Internet yang disebutkan sebagai salah satu hal pendidikan utama. Kami sendiri percaya bahwa siswa/i perlu keterampilan menggunakan komputer dan Internet, tetapi bahan-bahan dan informasi di Internet yang bermutu di dalam bahasa Indonesia adalah sangat sedikit (mengapa?). Kalau siswa/i tidak fasih atau mengerti bahasa Inggris, Internet hampir tidak berguna, kecuali sebagai hiburan. Biasanya Internet digunakan untuk chatting, lu/gue-gue/lu e-mail, pojok jodoh, dll. Coba ke Warnet, Mal dan Plaza setelah jam 13.30 dan lihatlah sendiri apa yang diakses oleh siswa/siswi. Di mana makna pendidikannya? Apakah ini solusinya?

Maupun E-Learning Dapat Membunuh Kreativitas kan?

Isu-Isu Teknologi Pendidikan - Lanjutan
Isu-Isu Teknologi Pendidikan


RE: "Jaringan ICT untuk Pendidikan Jardiknas Diluncurkan" - Mohon Hati-Hati!

Membaca SEAMEO IT Development Plan (SEAMEO.Net). Rencananya hebat kan?
Saya dulu sebagai Official Observer di Conference SEAMEO di Thailand, dll.

Sekarang bagaimana? Coba: http://SEAMEO.Net

Tetapi kami sangat percaya bahwa pengembangan stasiun Televisi Pendidikan Indonesia (baru) yang profesional dan bersifat umum secara terus-menerus adalah sesuatu yang terjankau dan sangat penting sekarang (untuk siswa/i maupun orang tuanya). Hal ini dimaksudkan supaya televisi menjadi lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan, serta dapat diterima secara umum. Diharapkan televisi bersifat pendidikan dapat membantu mengatasi banyak hal yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan dan berkaitan dengan mutu program-program televisi umum yang sangat rendah, yang sekarang sedang marak disiarkan. Dana?

TV Pendidikan lebih berguna untuk mendidik masyarakat yang ada di rumah (Ibu-Ibu dan Pengangguran) dengan program-program keterampilan dan wirausaha.

Televisi sudah dapat diakses oleh setiap siswa/i di luar jam sekolah sekarang!
Dan lebih baik daripada mereka membuang waktu chatting di Internet kan?
Pagi Lebih Baik Untuk Orang Tuanya Kan?

http://E-Pendidikan.Com

(Phillip Rekdale : Pendidikan.Network Indonesia).

Silahkan mengirim saran anda mengenai apa saja yang terkait dengan isu-isu televisi pendidikan untuk dipasang di bawah ini. Terima kasih atas partisipasi anda.

Saran-Saran Anda
(Your Comments)


Name: Erwin Fajrin Province: DKI Date: Tue, 27 Mar 2007
From: Erwin Fajrin
E-Mail: erwinfzcp@yahoo.com
Subject: televisi pendidikan

Saya Erwin Fajrin, mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi FISIP UI. Saya sangat mendukung adanya televisi pendidikan di Indonesia yang benar-benar mendidik karena saya melihat kurangnya komitmen pengelola stasiun televisi di Indonesia untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Saat ini stasiun televisi yang katanya stasiun pendidikan pun terjebak dengan tayangan mistis yang menurut saya sama sekali tidak mendidik. Karena di era persaingan seperti ini, para usahawan lebih senang melihat rating sinetron dibanding menyisihkan sedikit waktu siaran untuk pendidikan. Semoga akan ada televisi pendidikan di Indonesia yang benar-benar komit dan menyiarkan kemajuan pendidikan dan pengetahuan di Indonesia.

Name: Dayan Abdurrahman Province: Nanggroe Aceh Darussalam Date: 27/03/2007
Occupation: a Teacher at: SMPN 1 Meukek Aceh Selatan
School or Institution: Dikpora Aceh Selatan
Website: No
City: Tapaktuan in Country: Indonesia
I am from: http://Pendidikan.Net
Comments:

As teacher at remote area, it is double difficult me to access and transfer the modern education technology for students. In fact, all of teachers nowadays really need it to make them eazier in transfer the knowledge and information for students and other teachers in fields. Hoping there is any parties want to promote this technology as demanded in modern society.

Aceh at the moment is very condusive and prospective to do this improvement to get better acheivement in education after struck by tsunami and got peace agreement between rebels and goverment. Thanks a lot and please keep progress EDUCATION TUBE in the future.. BestRegarsd, Dayan Abdurrahman

Informasi Kontak: E-Mail: dayan_ona@yahoo.com
Telephone: +6281360172663

Name: febri Province: sumbar Date: 1/4/2007
Occupation: Mahasiswa at:
School or Institution: universitas negeri padang
Website: http://www.febritp.multiply.com
City: padang in Country: Indonesia
Comments:

TV pendidikan memang sangat baik di terapkan namun apakah setiap sekolah dapat menghadirkannya sebagai media pendukung dalam pembelajaran?

Informasi Kontak: E-Mail: febritp@yahoo.co.id
Telephone: +(081374663826)

Name: aan Province: DKI Date: 2 april 2007
Occupation: Arga Rumah Produksi
School or Institution: ARP165
Website: http://www.esqway165.com
City: Jakarta in Country: Indonesia
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan.TV
Comments:

tv pendidikan memang sangat dibutuhkan dan dpt menjadi media pembelajaran, sy optimis walaupun terseok-seok, karena itu perlu kerja cerdas untuk mewujudkannya. kami dalam proses menuju Indonesia Emas 2020, dan jangka waktu itu tidaklah lama. trimakasih

Informasi Kontak: E-Mail: aan@esqway165.com
Telephone: +(021)7696654

Name: Prawoto Province: jawa Timur Date: 2 April 2007
Occupation: Guru at: SMA
School or Institution: SMN 2 Bojonegoro
Website: http://www.sma2bojonegoro.com
City: Bojonegoro in Country: Indonesia
I would like: Pemintaan Informasi
I am from: Search Engine
Comments:

Saya seorong guru di SMA, langsung asja operkembangan kurikulum menyebabkan saya berfikir untuk membuat sebauh pemancar TV yang radiusnya 10-15 km untuk komunitas sekolah saya, tv ini akan kami jadikan muara dari kurikulum berbasis komptensi yang sekarang telah berubah menjadi KTSP.

untuk mewujudkan keingianan saya itu saya harus bagaimana...
bagaimana cara menadpatkan dan, ada gak yang bisa bantu, apakah mungkin mengajukan ke pemerintah sekolah mana yang sudah memiliki fasilitas ini, kami pengen studi bandimng kesana (jawa timur)

Informasi Kontak: E-Mail: prauw@icmail.net
Telephone: +6281931002004

Name: piyan Province: jawa timur Date: 02/04/2007
Occupation: Mahasiswa at: ponorogo
School or Institution: stkip ponorogo
Website: http://
City: ponorogo in Country: Indonesia
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan.Net
Comments:

sangat baik program ini

Informasi Kontak: E-Mail: amit_blitz
Telephone: 081359661008

Name: PNS Province: DIY Date: 3 APRIL 2007
Occupation: Pegawai Negeri
School or Institution: SMP NEGERI 7 JOGJA
Telp: +(0274) 561374/ 081578705520
Country: Indonesia
I am from: Search Engine

Comments: Bravo, mohon dilanjutkan. Saya teringat ketika Humas TPI mengatakan pada kami rombongan Guru Berprestasi Nasional Agustus 2002. TPI sekarang bukan Televisi Pendidikan Indonesia. TPI ya TPI. Jadi TPI yang sekarang itu bukan merupakan singkatan dari Televisi Pendidikan Indonesia. Selamat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

IP: 125.163.226.54

Name: ERI PURWANA Province: DKI JAKARTA Date: 04/MEI/2007
Occupation: Lain
School or Institution: PT. PELAYARAN TAMARIN SAMUDRA
Website: http://
City: JAKARTA in Country: Indonesia
I would like: Lain
I am from: Search Engine
Comments:

Buat program televisi pendidikan yang mudah dicerna masyarakat.

Buat program televisi yang dapat memberikan nilai pendidikan dan hiburan (EDUTAINMENT). Contoh; dulu ada nama film "Square One" film tentang pelajaran matematika tetapi dikemas seperti detekif di kepolisian.

Informasi Kontak: E-Mail: ERIKOVIC@Pendidikan.zzn.com
Telephone: +(021 )63853976/081519261076

Name: maria Province: DIY Date: May 5, 2007
Occupation: Mahasiswi at USD
School or Institution: USB
Website: http://
City: Yogyakarta in Country: Indonesia
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Search Engine
Comments:

Televisi Pendidikan itu di statiun mana? Kok baru denger sekarang?

Sepertinya menarik. Kenapa tidak dibuat seperti TV swasta2 yg lain seperti RCTI/SCTV/Trans dll?

Informasi Kontak: E-Mail: ochayoo_ok@yahoo.com
Telephone:

Name: smpn1pagerageung Province: JAWA BARAT Date: 16 Mei 2007
Occupation: Guru
School or Institution: SMPN 1 PAGERAGEUNG
Website: http://
City: kABUPATEN tASIKMALAYA in Country: Indonesia
I would like: Pemintaan Informasi
I am from: http://Pendidikan.Net
Comments:

KAMI AKAN MENDIRIKAN TELEVISI PENDIDIKAN (LOKAL) MOHON INFORMASI PROSEUR DAN BANTUAN DANA SERTA PELATIHAN SDM BAGI KAMI GURU DAN STAF KARYAWAN. TERIMA KASIH.

Informasi Kontak: E-Mail: smpn1pagerageung@tasikmalaya.indo.net.id
Telephone: 0265-455535

Saran dari Pendidikan.Network

Kami berjuang untuk mendirikan Stasiun Televisi Pendidikan Nasional yang "profesional" dan dapat "meratakan kesempatan untuk semua anak-anak", maupun orang tuanya, mengakses "siaran televisi pendidikan" dan "informasi pendidikan yang penting" di seluruh Indonesia.

Kalau anda ingin mendirikan televisi pendidikan local sebaiknya mencari informasi langsung di http://www.E-dukasi.Net.

Semoga sukses!

Name: jefri soni Province: NAD Date: 22 Mei 2007
Occupation: Guru
School or Institution: sma negeri 1 peureulak
Website: http://
City: aceh timur in Country: Indonesia
I would like: Melapor Mengenai Masalah
Comments:

mohon dipertimbangkan kembali keberadaan aset pemancar tv edukasi di sman 1 peureulak yang tidak berfungsi dengan baik, sebab tenaga teknis tidak mendapat pelatihan, waktu pengiriman peserta ke jawa, yang dikirim dari SMK IDI bukan dari kami, alangkah sayangnya pemancar tersebut terbengkalai begitu saja.

Informasi Kontak: E-Mail: ithas_82@yahoo.com
Telephone: +(0646)31011

Name: nilman Province: kepri Date: 22 juni 2007
Occupation: Pegawai Negeri
School or Institution: ?pemko
Website: http://
City: tpi in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://SMUN.Net
Comments:

bravo, saya sangat setuju TPI, disebut televisi pendidikan indonesia. tapi pendidikan apa ya......... ha...ha... mendidik masyarakat khususnya generasi muda menjadi yang tak bermoral, ber etika kali ye. mendidik melalui sinetron yang mengedepankan Pacaran, makan, minum, telepon, kelahi alias mendidik manusia indonesia supaya menjadi hedonisme. SD, SMP pacaran kayak yang di TV- TV itu itu sangat bagus supaya makin banyak penduduk indonesia tuk jadi TKI, tamat SD, SMP langsung nikah, banyak anak banyak rezeki walaupun semua kekurangan gizi n gak berpendidikan haa....haa... hidup TPI, Bravo. selamat " MENCERDASKAN " GENERASI BANGSA INI. JADILAH PEMBANTU DIRUMAH SENDIRI KALAU WARGA NEGERA GAK PUNYA SDM, gmana setuju gak bapak2 pengelola TPI.

Informasi Kontak: E-Mail: nilman_z@yahoo.com
Telephone: +( )

Name: wawan Province: jawa barat Date: 12-7-2007
Occupation: Lain at: wiraswasta
School or Institution: quantum communication
Website: http://www.quantum-mobile.com
City: cianjur in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Search Engine
Comments:

perkembangan teknologi akan sangat membantu terhadap kemajuan pendidikan, akan tetapi kembali kepada sdm (khususnya) pendidik sudah semestinya mampu mengikuti perkembangan teknologi, sehingga mampu memamfaatkannya untuk kemajuan pendidikan

Informasi Kontak: E-Mail: oneQcomm@yahoo.com
Telephone: 0263-272042

Name: ibnu prakosa Province: jawa tengah Date: 13 Juli 2007
Occupation: Guru at: indonesia
School or Institution: SMP N 1 karangmalang
Website: http://
City: sragen in Country: Indonesia
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan.Net
Comments:

Memang kemajuan harus diarahkan untuk kebaikan peradaban. Kemajuan dalam teknologi informasi dewasa ini juga haruslah dapat menunjang peradaban dan kemajuan manusia. Kemajuan peradaban manusia salah satu faktor penunjangnya adalah lewat pendidikan. Dengan adanya televisi Pendidikan sangat baik sekali dalam memajukan peradaban ini. Sebagai tahapan awal hendaknya sosialisasi terus dimeratakan ke seluruh indonesia.

Informasi Kontak: E-Mail: ibndr@yahoo.co.id
Telephone: 08567271451

Name: ian Province: jabar Date: 19/9/2007
Occupation: Mahasiswa at: Televisi Edukasi
School or Institution: ITB
Website: http://www.keikai.web.id
City: bandung in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Pemintaan Informasi
I am from: Mohon Pilih
Comments:

Jadi sekarang mau bikin televisi pendidikan yang terpusat ya ? jadi bagaimana dengan nasib TV-e yang sekarang ini dipancarkan oleh televisi2 komunitas secara gerilya dan tersebar di seantero indonesia ????

Informasi Kontak: E-Mail: ian@rajawali.web.id
Telephone: +( )

Name: amanza bryan Province: Sulawesi Utara Date: 3 Nov 2007
Occupation: Mahasiswa at: MANADO-SULUT
School or Institution: Sekolah Tinggi Pariwisata Manado
Website: -
City: Manado in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Bukan Salah Satu Ini
Comments:

Kalau bisa tolong disertakan dengan sejarah objek-objek wisata yang ada di Indonesia. coz masih banyak yang belum tahu tentang daerah-daerah tujuan objek wisata di tanah air.
khan kita (INDONESIA,red) juga tidak kalah menariknya dengan negara-negara tetangga.
sekian dan terima kasih

Informasi Kontak: E-Mail: amanzabad@yahoo.com
Telephone: -

Name: ojos Province: jawa barat Date: 4 november 2007
Occupation: Mahasiswa
School or Institution: Bandung
Website: http://
City: bandung in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://EnterUniversity.Com
Comments:

bila kita amati bahwa dunia entertainment di indonesia memang agak meresahkan, satu sisi merupakan kalau tidak mau disebut kebutuhan masyarakat, namun sisi lain dampak buruk tidak dapat kita hindari. bagaimanapun, pengusaha pertelivisian tidak punya pilihan kecuali membuat program yang memiliki nilai jual pada masyarakat, jika tidak bagaimana perusahaan pengguna televisi akan memasang iklan yang merupakan nafas bagi pendidikan?

namun masalahnya adalah seharusnya sekomersil apapun sebuah tayangan jangan sampai keluar dari etika yang berlaku di indonesia yang bisa dikatakan awam dalam berpikir, mencerna dan menganalisa tayangan, sehingga apa yang muncul di televisi memberi pengaruh yang justru lebih banyak pengaruh buruknya.

salah satu yang perlu kita pikirkan adalah tayangan infotainment yang merupakan program wajib dan ada hampir di semua televisi di indonesia. program tersebut satu sisi bermanfaat namun pada sisi lain, justru mendatangkan kemudharatan.

kehidupan selebritis yang penuh hura-hura menjadi konsumsi ibu-ibu yang pada akhirnya turut mengomentari kehidupan para selebritis yang sebenarnya bila kita sadari kadang tidak ada hubungannya secara langsung dengan ibu-ibu terutama di daerah.

lalu untuk apa mereka turut terlarut dalam berita tentang selebritis? bukan berarti tayangan tersebut kemudian dihapuskan, namun alangkah lebih baik lagi jika kita kemas lebih manusiawi dan tidak cenderung memvonis atau mendramatisir situasi, seperti halnya tentang perceraian dhani dan maia. kenapa tidak kita biarkan privacy mereka?

ok, sekali lagi bukan infotainment yang ditutup, namun kemasanya lebih dibikin manusiawi, atau bila perlu ada komentar dari tokoh-tokoh tertentu yang menegaskan bahwa tindakan seperti ini kurang tepat dan sebagainya.

namun, bila kita hubungkan lagi dengan televisi pendidikan. kenapa kita tidak mencoba membuat sebuah terobosan infotainment yang tidak hanya menjadikan artis sebagai bahan jual, namun lebih dari itu, kita menjual orang-orang yang berprestasi dalam berbagai bidang terutama pendidikan.

jadi, masyarakat tidak lagi hanya disuguhi kehidupan glamour kaum selebritis namun juga disuguhi tayangan tentang orang-orang yang telah berprestasi. dengan begitu diharapkan akan memberikan inspirasi bagi masyarakat terutama masayarakat kita yang saat ini banyak dalam kondisi tak menentu.

sehingga dengan demikian kiranya nanti akan memberikan pandangan-pandangan dan pilihan hidup bagi masyarakat indonesia.

Informasi Kontak: E-Mail: takezo@.yahoo.com
Telephone: +( )

Name: Asf Aman Province: Banten Date: 18 Desember 2007
Occupation: Guru at: SMP
School or Institution: SMPN 1 CInangka Serang
Website: http://
City: Serang in Country: Indonesia
I would like: Pemintaan Informasi
I am from: http://Pendidikan.Net
Comments:

Sekolah kita telah diberi penangkap siaran (parabola). Tapi belum dipasang. Lokasinya sedang ada rehab. Mohon informasi acara dan program yang ditawarkan "TPI" baru itu. Dah berjalan atau belum? Trus bisa ditangkap pemancar UHV atw tidak? Bentuk siarannya nanti serupa dengan siaran pendidikan di TVRI tempo dulu gak tuh? Penjelasan dan praktek dari nara sumber dengan waktu yag sangat terbatas. Kalo mengirimkan video pembelajaran atau kegiatan sekolah/siswa bisa disiarkan tidak? Tos ah seueur teuing. Makasih

Informasi Kontak: E-Mail: Suarmana71@yahoo.com
Telephone: 0254 600077

Name: luluk nurjanah Province: jawa timur Date: 14 januari 2008
Occupation: Guru at: MTs dan bimbingan belajar
School or Institution: KMI pondok badrussalam
Website: http://
City: magetan in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar:
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan.Net
Comments:

pendidikan sangat penting untuk keberlangsungan generasi selanjutnya teutama diindonesia. dengan adanya televisi pendidikan akan lebih membuat enjoy anak2 untuk belajar apabila dikemas dengan apik dan menyenangkan anak2. saya sangat prihatin pada anak murid saya yang lebih akrab dengan sinetron yang kurang memdidik hampir 40% hiburan2 anak sekarang ini televisi dan inilah peluang untuk memberikan banyak pesan moral untuk tetap tahu akan tugas sebagai seorang pelajar

Informasi Kontak: E-Mail: tinungluk@yahoo.co.id
Telephone:

Name: ahyo haryanto Province: DIY Date: 19-01-2008
Occupation: Staf Teknologi at:
School or Institution: pt.teratama technology system
Website: http://www.mitrapendidikan.com
City: yogyakarta in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar:
Comments:

tv pendidikan akan sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya di indonesia. masyarakat sudah bosan dengan sinetron yang isinya cmn percintaan mistik perkelahian dsb. saatnya membuat tayangan yg mendidik. misalkan program pengenalan teknologi informasi dan sebagainya. saya siap jadi pematerinya. he..

Informasi Kontak: E-Mail: pegel.linuxs@gmail.com
Telephone: +62274-6443001

Name: El Province: DIY Date: 30-01-2008
Occupation: Wartawan at: sebuah TV swasta nasional
School or Institution: ?
Website: http://
City: Yogyakarta in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Search Engine
Comments:

Proficiat, bila ide dan isu ini berhasil diwujudkan. Saya pribadi mendukung dan bersedia bergabung bila dibutuhkan.

Informasi Kontak: E-Mail: niel_pabu@yahoo.com
Telephone: +( 62)81328671671

Name: darsana setiawan Province: dki jakarta Date: 18 Maret 2008
Occupation: Dosen at: perguruan tinggi
School or Institution: UIN Jakarta
Website: http://darsanaguru.blogspot.com/
City: jakarta timur in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Bukan Salah Satu Ini
Comments:

Kalau TPI (Televisi Pendidikan Indonesia) yang dikeluarkan ijinnya oleh pemerintah karena komitmen dan aktivitasnya di sektor pendidikan, Diridhoi pula merubah aktivitasnya demi uang (bisnis murni di luar kepentingan pendidikan sesungguhnya)maka, apakah PENDIDIKAN TV kelak ada yang menjamin tidak merubah komitmen serta visionnya, manakala godaan uang (dari investor) sulit untuk ditolak?.

Informasi Kontak: E-Mail: darssetia@yahoo.co.id
Telephone: +( 021)8701318

Name: hermawan/jomplang Province: dki jakarta Date: 24-3-2008
Occupation: Lain at:
School or Institution: ?pt pln persero
Website: http://
City: jak tim in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Bukan Salah Satu Ini
Comments:

kami penggemar dangdut danlawak kenapa yang di lolosin ko yang kurang bagus malah yang bagus suaranya ga di lolosin. tolong dong jadwal audisi di adain setiap minggu. kami dan rekan2 mengucapkan semoga tpi tetap jaya di udara.

Informasi Kontak: E-Mail: jomplang74
Telephone: +(0818689624 )

Name: agung Province: bali Date: 25/3/2008
Occupation: Masyarakat at: indonesia
School or Institution: disdik
Website: http://
City: semarapura in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Bukan Salah Satu Ini
Comments:

agar televisi pendidikan dapat menjadi salah satu idola bagi masyarakat pendidikan, perlu kiranya ada acara kuis yang mengikat mereka (siswa). jawaban dari kuis itu agar dijadikan tugas disekolah dan dari sekolah agar melaporkan hasil jawaban/ bahasan kuis tersebut ke......(PUSAT) terimakasih.

Informasi Kontak: E-Mail: agungdwipoetra@yahoo.com
Telephone: +( 081338716389)

Name: ramzil Province: JAWA BARAT Date: 13 MEI 2008
Occupation: Mahasiswa at:
School or Institution: U.N.J (DKI JAKARTA)
Website: http://
City: BEKASI in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Pemintaan Informasi
I am from: Bukan Salah Satu Ini
Comments:

bila kita amati bahwa dunia entertainment di indonesia memang agak meresahkan, satu sisi merupakan kalau tidak mau disebut kebutuhan masyarakat, namun sisi lain dampak buruk tidak dapat kita hindari. bagaimanapun, pengusaha pertelivisian tidak punya pilihan kecuali membuat program yang memiliki nilai jual pada masyarakat, jika tidak bagaimana perusahaan pengguna televisi akan memasang iklan yang merupakan nafas bagi pendidikan?

namun masalahnya adalah seharusnya sekomersil apapun sebuah tayangan jangan sampai keluar dari etika yang berlaku di indonesia yang bisa dikatakan awam dalam berpikir, mencerna dan menganalisa tayangan, sehingga apa yang muncul di televisi memberi pengaruh yang justru lebih banyak pengaruh buruknya.

salah satu yang perlu kita pikirkan adalah tayangan infotainment yang merupakan program wajib dan ada hampir di semua televisi di indonesia. program tersebut satu sisi bermanfaat namun pada sisi lain, justru mendatangkan kemudharatan.

kehidupan selebritis yang penuh hura-hura menjadi konsumsi ibu-ibu yang pada akhirnya turut mengomentari kehidupan para selebritis yang sebenarnya bila kita sadari kadang tidak ada hubungannya secara langsung dengan ibu-ibu terutama di daerah.

lalu untuk apa mereka turut terlarut dalam berita tentang selebritis? bukan berarti tayangan tersebut kemudian dihapuskan, namun alangkah lebih baik lagi jika kita kemas lebih manusiawi dan tidak cenderung memvonis atau mendramatisir situasi, seperti halnya tentang perceraian dhani dan maia. kenapa tidak kita biarkan privacy mereka?

ok, sekali lagi bukan infotainment yang ditutup, namun kemasanya lebih dibikin manusiawi, atau bila perlu ada komentar dari tokoh-tokoh tertentu yang menegaskan bahwa tindakan seperti ini kurang tepat dan sebagainya.

namun, bila kita hubungkan lagi dengan televisi pendidikan. kenapa kita tidak mencoba membuat sebuah terobosan infotainment yang tidak hanya menjadikan artis sebagai bahan jual, namun lebih dari itu, kita menjual orang-orang yang berprestasi dalam berbagai bidang terutama pendidikan.

jadi, masyarakat tidak lagi hanya disuguhi kehidupan glamour kaum selebritis namun juga disuguhi tayangan tentang orang-orang yang telah berprestasi. dengan begitu diharapkan akan memberikan inspirasi bagi masyarakat terutama masayarakat kita yang saat ini banyak dalam kondisi tak menentu.

sehingga dengan demikian kiranya nanti akan memberikan pandangan-pandangan dan pilihan hidup bagi masyarakat indonesia.

Memang kemajuan harus diarahkan untuk kebaikan peradaban. Kemajuan dalam teknologi informasi dewasa ini juga haruslah dapat menunjang peradaban dan kemajuan manusia. Kemajuan peradaban manusia salah satu faktor penunjangnya adalah lewat pendidikan. Dengan adanya televisi Pendidikan sangat baik sekali dalam memajukan peradaban ini. Sebagai tahapan awal hendaknya sosialisasi terus dimeratakan ke seluruh indonesia.

tv pendidikan memang sangat dibutuhkan dan dpt menjadi media pembelajaran, sy optimis walaupun terseok-seok, karena itu perlu kerja cerdas untuk mewujudkannya. kami dalam proses menuju Indonesia Emas 2020, dan jangka waktu itu tidaklah lama. DAN KITA HARUS LAH BERGERAK TIDAK BILANG KAPAN LAGI SEKARANG INI SELAGI UMUR DAN NAFAS KITA ADAHRUS BERJUANG DEMI KEMAJUAN ANAK DIDIK KITA TUJUH TURUN NANTINYA AKAN MENIKMATI, MANISNYA SISTEM NEGARA KITA YANG TERKENDALI , TETAPI SEKARANG PEMIMPINNYA PADA BRENGSEK SEKALI PADA BANYAK YANG MEMIKIRKAN PERUTNYA SAJA OMONG KOSONG SAJA, BERAK......, DI WC....BANYAK SEKALI,HA...HA.... trimakasih

Informasi Kontak: E-Mail: R_MAJDI@telivisi.zzn.com and ramzilm@yahoo.co.id
Telephone: +( 6221.8829...) 0857 1006 5128

Subject: televisi
Name: Yudhistiro A Date: 26-6-2008
E-Mail: aji03062@yahoo.co.id
Comments: Bapak saya Seorang Guru yang baik.

Dia mengajar kan dan mendidik dengan baik, Begitu juga para pakar pendidikan memutar otak untuk mencerdaskan Bangsa. Banyak hal dari dana,program. dll.

Alangkah baik nya media TELEVISI lebih di perhatikan. TV E itu sudah TOP MARKOTOP. Tapi Stasiun yg lain masih Mencuci OTAK Anak bangsa dengan begitu gencarnya.

TV sebagai media Transver ilmu yg ok banget, dapat menjadi pedang bermata 2. kiranya lebih diperhatikan dan dirasakan.

Salam dari Rakyat kecil.

Name: asep permadi gumelar Province: jawa Barat Date: 28 sabtu 6-2008
Occupation: Dosen at: fak.pertanian Universitas Garut (UNIGA)
School or Institution: Universitas Garut
Website: www.uniga.ac.id
City: garut in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Pemintaan Informasi
I am from: Mohon Pilih
Comments:

ada berita bahwa TPI telah memberi bantuan ke panjalu berupa sapi perah, saya di fak,pertanian uniga meminta informasi yang sejelas-jelasnya dan bila ada tatacara pembuatan peroposalnya seperti apa,terima kasih di jawaban kirim ke difantar@yahoo.com

Informasi Kontak: E-Mail: difantar@yahoo.com
Telephone: 0262-544214

Name: manondang Province: Sumatera Utara Date: 10-10-2008
Occupation: Pegawai Negeri at:
School or Institution: ?
Website: http://
City: Tarutung in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Pemintaan Informasi
I am from: Mohon Pilih
Comments:

saya seorang pns di daerah terpencil. mohon informasi bagaimana mendapatkan VCD TVE Program Bahasa Inggris dan berapa biayanya, karena program itu sangat berguna bagi saya.tolong dibalas ke alamat e mail saya. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

Informasi Kontak: E-Mail: amanda_distansu@yahoo.com
Telephone: +( )

Name: zulkely Province: wp labuan Date: 29 oktober 2008
Occupation: Staf Teknologi at:
School or Institution: Bahagian Teknologi Pendidikan Negeri WP Labuan
Website: http://
City: sabah in Country: Malaysia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan .TV
Comments:

tv pendidikan merupakan suatu alternatif kepada para guru untuk mempelbagaikan kaedah pengajaran dan pembelajaran dalam bilik darjah. saya berpendapat bahawa ianya merupakan suatu usaha yang sangat berfaedah untuk digunakan oleh para pendidik walau dimanapun tempat mengajarnya.

mungkin suatu yang boleh dikongsi bersama iaitu isikandungnya haruslah menepati aspirasi pendidikan dinegara yang terlibat. usaha ini juga sedang giat direncanakan di negara malaysia untuk meningkatkan kepelbagaian kaedah pengajaran. contohnya adalah www.eduwebtv.com yang saya kira amat bermanafaat untuk direnungkan bersama.

Informasi Kontak: E-Mail: zulkefly.btpnwpl@moe.edu.my
Telephone: +( )

Name: Kaharudin Province: Jawa Tengah Date: 20 Nopember 2008
Occupation: Kepala Sekolah at:
School or Institution: ?SMP Negeri 4 Randudongkal
Website: http://
City: Pemalang in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Search Engine
Comments:

Assalaamu'alaikum Wr. Wb. Jardiknas dan Televisi Pendidikan merupakan aset negara untuk mencerdaskan anak-anak Indonesia. Bukankah salah satu tujuan berdirinya negara Indonesia sesuai amanat Pembukaan UUD'45 adalah mencerdaskan ( generasi ) bangsa? Terus kembangkan aset tersebut!Tanggungjawab kami mensosialisasikannya pada siswa, guru, dan orang tua/wali murid agar mereka memahami, mensupport, dan berperan serta meningkatkan keberhasilan belajar anak didik.

Tolong Depdiknas memprogramkan bantuan Projector LCD dan Laptop untuk setiap sekolah SMP/MTs, sebagaimana TV Edukasi telah didistribusikan. Semoga alat tersebut berdaya guna untuk pembelajaran berbasis ICT. Trims. Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

Informasi Kontak: E-Mail: Kahar@Gmail.com
Telephone: +( )0284582751

Name: iman Province: banten Date: 30/11/2008
Occupation: Guru at:
School or Institution: SD Negeri Kalanganyar 1
Website: http://
City: labuan,pnadeglang in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Siswa .Org
Comments:

siaran tv edukasi sangat bagus sekali tapi bagi kami yang berada di daerah sangat terpencil maih tertinggal informasi
mohon informasi buat sekolah dalam pengadaan tv edukasi tersebut

Informasi Kontak: E-Mail: iman@nurhidayat.com
Telephone: (0253)801480

Name: Duarte X. de Deus Province: Negara Timor Leste Date: 2 desember 2008
Occupation: Mohon Pilih at:
School or Institution: ?Departemen Pekerjaan Umum
Website: http://
City: Dili Timor Leste in Country: Indonesia
Member: Mohon Pilih at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Mohon Pilih
Comments:

Negara yang sedang pergembang dan sedang membangung sarana dan prasarana, dan uang pemerintah yang perlimbah untuk diminikmate oleh dan masyrakat yang sedang membutuhkan,namun namun tuiuan itu tidak dapat direalisasika,dan bagaimana tangkapan dari publik ?dan saya minta penjelasan.

Informasi Kontak: E-Mail: duartex_1968@yahoo.co.id
Telephone: +( 7276174)

Name: Jefri Soni, S.Pd Province: NAD Date: 3/12/2008
Occupation: Guru at: Aceh Timur
School or Institution: SMAN 1 PEUREULAK
Website: http://jefrisoni.blogspot.com
City: Aceh Timur in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Melapor Mengenai Masalah
I am from: Search Engine
Comments:

Ini situs tidak pernah di cek apa? masak ketinggalan tahun 2007 pula lagi. saran saya tolong diperhatikan pendidikan di aceh timur, ada alat tower pemancar TV E, tapi tidak beroperasi karena tidak ada follow up dari TV E, jangan sampai jadi butut donk, kan sayang fasilitas negara

Maaf Pak, tetapi "tower pemancar TV E" adalah isu yang perlu di atasi bersama PusTekKom.
Pendidikan Network (Pendidikan.TV) tidak terkait dengan program itu
.
Mohon pengertian.
Salam

Informasi Kontak: E-Mail: jef_plk07@yahoo.co.id
Telephone: 064631011

Name: Arthur Province: DKI Date: 04 desember 2008
Occupation: Lain at: swasta
School or Institution: PT.SKAI
Website: http://indonesiatelevision.blogspot.com
City: Jakarta in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: belum
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Search Engine
Comments:

saya adalah pegawai swasta, yang ingin saya share adalah, ayo kita nonton TV online Indonesia (semua siaran Indonesia ada) di http://indonesiatelevision.blogspot.com silahkan menonton gratis dan jangan lupa untuk dikabarkan kepada saudara atau teman-teman diluar negri, supaya mereka tetap bisa nonton secara LIVE/ langsung siaran-siaran TV di Indonesia. seperti: RCTI, SCTV, INDOSIAR, METRO TV, TRANS TV, TRANS 7, TV ONE, GLOBAL TV, DLL.

sekali lagi jangan lupa untuk menonton di http://indonesiatelevision.blogspot.com

cheers,
arthur

Informasi Kontak: E-Mail: arthur@skaifire.com
Telephone: +62(21)4529020

Name: gde putu Province: bali Date: 11-08-2008
Occupation: Dosen at:
School or Institution: undiksha Teknologi Pendidikan
Website: http://tpundiksha.wordpress.com
City: singaraja in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan .Net
Comments:

maju terus semoga fortofolionya dapat dijadikan perbandingan dan bahan kajian oleh mahasiswa terutama mahasiswa kami di jurusan teknologi pendidikan

Informasi Kontak: E-Mail: okaeciken@gmail.com
Telephone: 08123617070

Name: ahmad aji Province: jwatimur Date: 21/12/2008
Occupation: Masyarakat at: kabupaten
School or Institution: Jtv. biro madura
Website: http://
City: pamekasan in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan .US
Comments:

klo boleh sy thu apa saja orientasi ke depannya, sehinnga kami bisa terus mempercayai tentang keberadaan tv. pendidikan ini oya kebetulan sy jga ad di tv. lokal, apa yg dapat sy lakukan untuk diri dan masyarakat sy???

Informasi Kontak: E-Mail: aji_fadul@yahoo.com
Telephone: 081703234939

Name: Mohammad Khalili Ken Province: Jawa Timur Date: 06 januari 2009
Occupation: Guru at: MA 1 Annuqayah pa
School or Institution: MA 1 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep
Website: http://osisma1annuqayah.blokspot.com
City: Sumenep in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan .TV
Comments:

Pendidikan dalam presfektif yang universal dan holistik adalah kata kunci untuk mengembangkan dan membangun Pendidikan anak. Seluruh media pembelajaran baik secara internal sekolah maupun secar eksternal harus inklud dan integralistik. Persepsi pendidikan secara formalitas yang selama ini dibangun mengakibatkan kerusakan mental dan krakteristik anak. Disinilah peran media informasi (elektronik/cetak) yang amat mempengaruhi perkembangan krakteristik anak. Media informasi yang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat global, menjadi sesuatu yang amat besar dampaknya. Komitmen nilai-nilai dan moral kita semua sebagai steek holder perlu direkonstruksi kembali demi kemajuan pembangunan bangsa dibidang pendidikan. Mari.... jangan terlambat. Terimakasih

Informasi Kontak: E-Mail: khalili.kn@gmail.com
Telephone: 0328-823389

Name: Rusmandi Effendy Province: DKI Jakarta Date: 7 Januari 2009
Occupation: Guru at:
School or Institution: SMA Darul Ma'arif Jakarta
Website: http://
City: jakarta selatan in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Sampaikan Saran
I am from: Bukan Salah Satu Ini
Comments:

Saya sangat mendukung adanya Televisi Pendidikan, karna sebagian besar waktu anak kita bila di rumah dihabiskan dengan menonton Televisi, dengan hanya adanya pilihan TV yang ada sekarang, maka sangat sulit buat orang tua untuk mendisiplinkan anak-anak mereka untuk bekajar di rumah. Dengan adanya Televisi Pendidikan yang diolah dengan baik dan menarik buat anak, diharapkan anak tidak hanya menonton tetapi juga sambil belajar. dan disisi lain guru disekolah juga dapat memberi tugas yang berkenaan debgan Tayangan Televisi Pendidikan.

Informasi Kontak: E-Mail: rusmandieffendy@yahoo.com
Telephone: +(021. 7668744 )

Name: Suhanto Kastaredja Province: Jawa Timur Date: 12 Januari 2009
Occupation: Guru at: (Kalau relevan) SMA 14 Surabaya
School or Institution: SMAN 14 sURABAYA
Website: http://
City: SURABAYA in Country: Indonesia
Member: Sudah Mendaftar di SLTA .Net at at: ?
I would like: Mengirim Bahan
I am from: http://SLTA .Net
Comments:

Saya merasa ini sangat bermanfaat

Informasi Kontak: E-Mail: suhantok@yahoo.com
Telephone: +(031)8414451

Name: Cyberimaginerboy Province: DIY Date: 28 Januari 2009
Occupation: Mahasiswa at: GMU
School or Institution: GMU
Website: http://--
City: Yogyakarta in Country: Indonesia
I would like: Sampaikan Saran
I am from: http://Pendidikan .TV
Comments:

Televisi pendidikan adalah stasiun televisi yang sangat dibutuhkan oleh generasi muda Indonesia saat ini. Namun TV ini tidak begitu saja bisa diterima oleh kaum muda, yang merupakan target utama dari adanya televisi ini.

Persaingan ketat antarstasiun televisi telah membuat tembok etika bermedia menjadi tidak berarti. Pelanggaran-pelanggaran etika semakin lama semakin mudah ditolerir. Hingga akhirnya, etika itu terhapus begitu saja. Bukan kaum muda namanya jika tidak suka memberontak. Usia muda merupakan saat pengembangan jiwa memberontak. Mereka pun sangat gemar melanggar etika untuk menunjukkan jiwa pemberontak mereka.

Media yang dengan terang-terangan mulai melangkahi etika secara tidak langsung telah membenarkan pelanggaran-pelanggaran mereka. Hal inilah yang menjadi tantangan terbesar Televisi Pendidikan. Tapi tidak ada salahnya bagi kita untuk tetap optimis pada apa yang telah dirintis oleh Televisi pendidikan. Tetap semangat Televisi Pendidikan Indonesia!!!

Informasi Kontak: E-Mail: cyberimaginerboy@telkom.net
Telephone: -

Name: Andi alfian Province: DKI jakarta Date: 2/2/2009
Occupation: Kepala Sekolah at: (Kalau relevan)
School or Institution: Sekolah alkautsar jakarta selatan
Website: http://
City: jakarta selatan in Country: Indonesia
I would like: Sampaikan Saran
I am from:
Comments:

kesulitan kami adalah menyesuaikan jam pelajaran dengan jam tayang pelajaran untuk kelas tertentu di TV

Informasi Kontak: E-Mail: alfianandi10@yahoo.co.id

Name: halida Province: Jawa Timur Date: 11 Februari 2009
Occupation: Siswi at: SMPN 1 Probolinggo
School or Institution: SMPN 1 Probolinggo
Website: http://
City: Probolinggo in Country: Indonesia
Member: Belum Mendaftar at at: ?
I would like: Pemintaan Informasi
I am from: http://Pendidikan .TV
Comments:

Saya seorang siswi. Saya mau sedikit "menwawancarai."
1. Menurut anda-anda sekalian, sebenarnya apa sih peran televisi untuk meningkatkan mutu pendidikan?
2. Apakah peran tersebut masih "dimainkan" oleh stasiun televisi lokal?
3. Upaya apa yang sebaiknya dilakukan supaya televisi bisa berperan dalam peningkatan mutu pendidikan?
4. Acara seperti apa yang menurut Anda-Anda sekalian layak dikatakan sebagai acara yang educative, inspirative, dan creative?
TERIMA KASIH. JAWABAN DITUNGGU SEGERA

Informasi Kontak: E-Mail: khalids_annabila@yahoo.co.id
Telephone: +(0335)426247




Mengirim Saran Anda
Anda harus mengisi setiap bagian formulir
yang kosong atau tidak dapat dikirim.
Nama Anda:

E-Mail Anda:

Anda:


di:

Nama Sekolah, Lembaga atau Kantor:

Nomor Telp:

URL Website:

Kota:

Propinsi:

Negara:

Anda:

Kalau sudah mendaftar, di halaman yang mana?

Keinginan Anda:

Anda Sebelumnya dari situs yang mana?:

Silahkan Menulis Saran atau Pertanyaan Di Sini:

Tanggal Hari Ini:

Mohon Klik Sekali Saja