Pendidikan Network IndonesiaTeknologi & PendidikanTeknologi Pendidikan IndonesiaSains & TeknologiMajalah Teknologi IndonesiaBerita Pendidikan IndonesiaPenelitian Indonesia
 Home & Situs Jaringan
 Database Pendidikan
 Berita dan Artikel
 Tentang Kami
 Website Ilmu Sains
  
Mad Scientist

  
 E-Mail Televisi Gratis
  
Nama:
Panggilan:

Nama@Televisi.zzn.com
Login:
Password:

Nama@Televisi.zzn.com

  
 Manajemen Pendidikan
  



  
 Belajar di Luar Negeri
  



  
 Penerbangan Indonesia
  
Flying in Indonesia
  
 100 Kunjungan Terakhir
  

  
 
Selamat Datang di Situs Pendidikan.TV

Selamat DatangNama saya Phillip dan saya lulusan Universitas Griffith (tahun 1996) dengan Majors Keguruan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia tetapi karir asli saya di dalam bidang Elektronik dan Teknologi Pendidikan. Saya mencintai negera ini dan masyarakatnya dan saya berharap kita dapat berjuang bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Saya sudah bekerja di bidang Pendidikan Teknologi Elektronik dan Teknologi Pendidikan di luar negeri selama 22 tahun. Kebanyakan pengalaman saya di universitas dan perguruan tinggi lain seperti TAFE, juga 6 tahun di sekolah tingkat SD sampai SMU. Di Indonesia saya sudah sebagai consultan teknologi dan pengembangan sekolah 2 tahun di DepDikNas dan bergerak di bidang pendidikan sebagai konsultan di proyek-proyek pendidikan lain maupun sebagai Director of Studies di salah satu institut internasional.

Oleh karena saya lulusan jurusan Teknologi Pendidikan (Audio-Visual Media) di RMIT tahun 1982, yang sangat mendalami teori dan fungsi teknologi pendidikan dalam KBM, sejak itu saya sudah sangat memperhatikan isu-isu seperti bagaimana teknologi pendidikan dapat membantu KBM, maupun aplikasi teknologi yang tidak cocok atau gagal, dan dapat menurunkan mutu KBM.

Di website ini kita akan membahas topik Teknologi Pendidikan. Tetapi di situs ini fokus utama adalah membahas topiknya secara rialiti bukan teori.

Di negara maju isu-isu seperti efisiensi dan hemat anggaran untuk pendidikan tidak sebagai isu yang penting sekali seperti di Indonesia. Dan sumber-sumber selain guru, misalnya perpustakaan, adalah lengkap dan sangat mendukung pembelajaran secara mandiri.

Tetapi di Indonesia itu penting sekali bahwa kita belajar dari pengalamam di negara maju supaya kita tidak mengulangkan kerugiannya dan kita dapat maju secepat mungkin. Yaitu sangat penting bahwa semua anggaran pendidikan digunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan keadaan di sekolah dan kampus, dan menghadapi isu-isu yang betul dapat meningkatkan mutu KBM.

Sejarah Pendidikan Network

Saya sudah mulai peduli mengenai pendidikan di Indonesia sejak saya tiba di sini pada tahun 1983. Tugas saya waktu itu termasuk mencari tenaga teknisi dan memberi latihan tentang teknologi belajar kepada teknisinya. Dari observasi umum saya dan pengalaman saya menginterview calon teknisi yang berpendidikan cukup tinggi 'kelihatannya' ada tiga hal penghambat pendidikan di Indonesia yang menurut saya sangat penting sebagai negara yang sedang berkembang; (1) Pendidikan di Indonesia tidak mengajak pelajar berpikir secara individu, menganalisa, atau mandiri (2) Sekolah kejuruan untuk middle-level (teknisi, tukang, sekretaris, dll) sangat kurang. (3) Pendidikan setelah sekolah dasar terlalu mahal untuk mayoritas masyarakatnya.

Di kantor dan di rumah saya sudah menggunakan komputer sejak awal tahun 1974 tetapi dulu komputer-komputer tersebut memang terlalu lambat dan terbatas sekali untuk berkomunikasi secara efektif (kecuali kalau dananya tidak terbatas). Baru beberapa tahun yang lalu kemampuan komputer personal mulai jauh lebih baik, dan bahan-bahan yang mulai muncul di Internet lebih menarik. Tetapi sebelum saya tiba lagi di Indonesia tahun 1998 saya mencari informasi mengenai pendidikan di Indonesia di Internet dan kelihatannya informasi (dlm Bahasa Indonesia) yang menguntungkan pendidik dan pelajar sangat kurang. Jadi sebelum saya tiba di Indonesia lagi tahun 1998 saya ingin menambah informasinya, tetapi bentuknya belum terpikirkan.

Telah menyelesaikan dua kali dinas bersama DEPDIKNAS dalam ranka (1) Language Technology Consultant and (2) School Development Consultant, yang jelas ada banyak pendidik dan kepala sekolah yang sangat peduli dan ingin meningkatkan kemampuannya dan profesionalisme. Juga banyak yang sudah melaksanakan sesuatu di sekolahnya yang boleh disebut hebat (sangat menguntungkan pelajarnya). Tetapi, masalahnya yang sangat merugikan negaranya yaitu pendidik-pendidik tidak memiliki sistem berkomunikasi yang efektif. Jadi pengalaman-pengalaman dan kemajuan di sekolah tertentu tidak disiaran dan tidak menguntungkan sekolah lain. Jadi saya merasa yang paling penting dulu yaitu membuat jaringan komunikasi - memberi kesempatan!

Homepage Sekolah Menengah (http://smun.net) merupakan homepage yang pertama yang diciptakan secara perorangan di tahun 1998. Pada akhir tahun 1998, setelah mencari lagi secara luas pada Internet segala sumber daya yang berhubungan dengan pendidikan di Indonesia, maka mulai jelaslah bahwa terdapat sedikit sekali informasi maupun materi yang bermanfaat bagi pendidik atau sekolah-sekolah di Indonesia. Amat banyak ditulis mengenai manfaat dan hebatnya Internet bagi pendidikan di Indonesia (Hype). Akan tetapi informasi yang sungguh bermanfaat bagi sekolah boleh dikata tidak ada di Internet. Dan yang lebih penting lagi, hampir tidak ada sama sekali kesempatan bagi para pendidik dan yang berminat terhadap pendidikan secara umum untuk berpartisipasi dan menyumbangkan tenaga bagi pengembangan pendidikan (via internet).

Di tanah air Indonesia, yang terdiri dari 17,000 pulau lebih, jalur komunikasi efektif dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan masih sulit. Pendidikan.Net telah terdaftar pada tahun 1999 karena dianggap sangat penting untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat secara umum untuk berpartisipasi melalui internet dalam pengembangan pendidikan secara adil dan merata. Pencipta Pendidikan.Net yang telah menyaksikan pengembangan yang cukup pesat di berbagai sekolah melalui proses self-empowerment (pemberdayaan diri), percaya bahwa mutu pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan dengan cepat dan secara signifikan bilamana sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang sudah terdapat di Indonesia dimanfaatkan penuh. Melalui di-desentralisasinya pendidikan dan program pelaksanaan School-Based Management atau SBM (yaitu, manajemen berbasis sekolah [MBS]) maka kesempatan untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia akan bertambah besar. Akan tetapi, semua ini hanya bisa efektif jika suara masyarakat pendidikan secara luas didengarkan dan kemandirian masyarakat secara luas pula dapat dicapai.

Prasarana Internet dan Sekolah

Jelaslah bahwa salah satu masalah dalam mempergunakan internet bagi pengembangan pendidikan di Indonesia adalah kurangnya prasarana (terutama di berbagai propinsi). Dari sejumlah contoh yang diperoleh dari beberapa sekolah yang melaksanakan pengembangan diri sendiri di Indonesia maka nyata sekali bahwa jalan satu-satunya yang paling efektif untuk mencapai prasarana secara kesinambungan dan pertumbuhan secara merata adalah melalui suatu sistem pelaksanaan di sekolah-sekolah yang berdasarkan MBS yang efektif. Sudah dapat dilihat dari masa lampau bahwa pengadaan fasilitas dari pusat seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah-sekolah secara umum, tidak dapat bertahan lama disebabkan jarak yang sangat jauh dengan pusat pelayanan, dan acapkali pula telah dilaksanakan baik tanpa dukungan penuh dari daerah maupun persiapan yang cukup. Jaringan Pendidikan. Net telah dibuka di:

E-Pendidikan.Com menjelaskan proses dasar (yang konsisten dengan MBS) untuk memperoleh fasilitas komputer dan internet di sekolah. Juga dibahas berbagai kenyataan yang berhubungan dengan masalah-masalah belajar/mengajar dan cara ekonomis dalam pemakaian internet (terutama bagi sekolah-sekolah di Indonesia). Isinya E-Pendidikan.Com akan terus ditingkatkan dan anda dapat menemukan banyak petunjuk bermanfaat bagi pengguna internet.

Tantangan dan Diskusi

Di Indonesia ada banyak tantangan terhadap perkembangan pendidikan dan salah satu yang sangat penting adalah korupsi. Korupsi tidak hanya mencuri anggaran negara masa kini, tetapi karena korupsi sangat merugikan perkembangan pendidikan, penghasilan negara untuk generasi-generasi di masa yang akan datang juga sangat dirugikan. Kami menyediakan kesempatan membahas masalah-masalah pendidikan dan korupsi di situs:
PojokAntiKorpsi.Com dan kebijakan penddikan di Kebijakan.Com.

 
 Jaringan Televisi & Sains
  







































  
 POLLING
  
Tujuan Terbaik untuk Televisi Pedidikan adalah (Poll Tutup):
Siswa-Siswi Sekolah
Mahasiswa-Mahasiswi
Pengangguran
Semua Masyarakat
Lain - Mohon Saran

View Results


Votes: 1858
 Saran-Saran Anda
  


Your Poll Comments